Pada hakikatnya masalah kinerja guru sangat menentukan maju mundurnya suatu lembaga pendidikan. tanpa kinerja yang tinggi tidak mungkin dapat menghasilkan output dengan kuantitas yang banyak dan kualitas yang baik. Peningkatan kinerja guru mempunyai implikasi yang positif bagi diri sendiri atau bagi lembaga pendidikan suatu kesatuan institusi pendidikan. Usaha peningkatan komitmen afektif guru melalui Kontribusi kompetensi profesional dan disiplin kerja merupakan usaha pembinaan dan pengembangan yang bersifat mendorong baik mental maupun materi ke arah tujuan yang lebih baik. Usaha peningkatan kinerja guru melalui peningkatan Kontribusi kompetensi profesional dan disiplin kerja yang baik sangat bermanfaat baik bagi lembaga pendidikan maupun bagi guru yang mengajar pada tingkat SMA Negeri Sekota Tanjungpinang Kepulauan Riau.
Kinerja guru akan menjadi optimal, apabila diintegrasikan dengan komponen persekolahan, baik itu kepala sekolah, guru, karyawan maupun anak didik. Kinerja guru akan bermakna apabila diiringi dengan niat yang bersih dan ikhlas, serta selalu menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya, dan berupaya untuk dapat memperbaiki kekurangannya sebagai upaya untuk meningkatkan ke arah yang lebih baik. Kinerja yang dilakukan hari ini akan lebih baik dari kinerja kemarin, dan tentunya yang akan datang lebih baik dari kinerja hari ini.