Studi tentang ketidakdilan gender khususnya yang terkandung dalam materi pembelajan pada buku ajar merupakan hal yang sangat penting. Selain sebagai sumber pengetahuan keilmuan, konten pada buku ajar juga mengandung pendidikan tentang sosial dan budaya. Informasi berkaitan dengan nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat diberikan dan direpresentasi dalam teks berbentuk verbal dan visual. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian secara mendalam sehingga mampu memberikan evaluasi dan masukan sebagai upaya memperbaiki konstruksi sosial yang mengarusutamakan keadilan sosial.
Dalam buku ini penulis belum membahas secara luas temuan terkait ketidakadilan gender dan mengaitkan dengan pandangan agama Islam lebih mendalam. Penulis lebih berminat untuk memaparkan pengertian kepada pembaca yang bersifat pengantar, untuk memahami isu ketidakadilan gender khusunya yang dialami oleh kaum perempuan dalam konteks materi pembelajaran pada buku ajar.
Buku ini melaporkan beberapa studi terdahulu dari beberapa negara serta dari Indonesia guna memberikan wawasan kepada pembaca tentang variasi dan perkembangan studi tentang gender pada buku ajar. Berdasarkan hasil ulasan dari penelitian sebelumnya, buku ini melihat aspek yang masih belum banyak menjadi perhatian bagi peneliti lain. Buku ini melaporkan temuan hasil kajian ilmiah yang menawarkan informasi kritis terkait materi yang ada dalam buku ajar.