ANALISIS KORELASI DARI PEMANFAATAN SEARCH ENGINE BAGI MAHASISWA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DI PULAU BINTAN

Pengarang
Ediyansyah, M.Pd.I. Editor: Doni Septian, S.Sos, M.IP
ISBN
978-623-91002-7-8
Email
pppm.stainkepri@gmail.com
Diterbitkan
STAIN SULTAN ABDURRAHMAN PRESS
Sinopsis

Perkembangan globalisasi sekarang ini terutama penggunaan Internet adalah hal yang wajib dijalani oleh para mahasiswa di Indonesia. Begitu banyak yang bisa dilakukan ketika berinternet karena kita begitu mudahnya mendapatkan banyak informasi dengannya.
Pada saat ini begitu banyak tersedia situs-situs internet yang salah satunya adalah Search Engine, yang dimaksud search engine adalah sebuah database yang di dalamnya terkandung indeks dari tiap-tiap halaman dari website yang berhasil ditemukan menggunakan software tertentu, yang kemudian data tersebut bisa diakses oleh setiap orang setelah kata-kata tertentu diketik sebagai penanda tentang data apa yang akan dicari.
Terdapat tiga search engine terbesar dalam jagad dunia maya yaitu Google, Yahoo! dan MSN. Pada ketiganya memiliki algoritma pencarian dan database sendiri-sendiri. Sedangkan untuk search engine yang lain biasanya memanfaatkan database dari ketiga search engine tersebut. Misalnya AOL Search yang memanfaatkan AOL Google, sedangkan Lycos dan Altavista menggunakan database Yahoo!, serta Bing yang menggunakan database milik MSN. Untuk meningkat-kan produktivitas, kualitas, dan efisiensi saat melakukan pencarian maka beberapa seach engine ternama menam-bahkan beberapa fasilitas dalam website-nya. Selain itu, kini juga banyak dijumpai search engine yang menggunakan sistem ganda antara Web Directory dan Web-Crawler.1 Search Engine memiliki manfaat yang sangat besar di semua bidang kehidupan manusia, salah satunya di bidang pendidikan dimana mahasiswa atau dosen dapat menggunakan search engine ini sebagai media penunjang proses belajar mengajar sehingga dapat memberikan manfaat baik untuk mereka.
Kemajuan dan perkembangan pesat pada dunia Communication Information and Technology telah dimanfaatkan oleh segenap masyarakat didunia, ini mengindikasikan bahwa kemajuan suatu negara dapat diukur dari perkembangan TIK yang dimilikinya. Karena Internet merupakan bagian dari TIK, maka keberadaannya membuat para akademisi kampus yang paling diuntungkan karena mendapatkan banyak referensi-referensi, jurnal-jurnal, ataupun ketersediaan hasil-hasil penelitian terpublikasi, sehingga dengan memanfaatkan search engine kita bisa mengakses data-data tersebut. Search Engine bisa juga dipergunakan sebagai media pembelajaran. Dengan dijadikannya search engine sebagai media pembelajaran diharapkan mampu mendongkrak hasil belajar mahasiswa. Dalam kaitannya search engine sebagai media belajar akan memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap motivasi belajar karena di dalamnya ada kegiatan mencari sumber belajar yang relevan, download data, mempelajari danakhirnya digunakannya untuk kegiatan akademik tertentu.
Secara umum penggunaan internet telah memberikan peluang berkembangnya banyak kreativitas dan kemandirian bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran mereka. Berinternet khususnya ketika sedang mengunjungi situs dengan memanfaatkan mesin pencari yang tersedia, mahasiswa akan memperoleh berbagai informasi dalam cakupan yang luas dan mendalam dalam meningkatkan pengetahuannya, sehingga keberadaan search engine tersebut menjadi alternatif sumber media belajar yang dapat memberikan rangsangan kuat dalam menumbuh kembangkan tingkat kreativitas mahasiswa.

HALAMAN PENERBIT

FULL TEXT

Contact Us!

Facebook
Instagram
Youtube
Website

Kotak Pesan

We'll never share your email with anyone else.
Copyright © 2019
Unit Teknologi Informasi dan Pusat Data (TIPD)
STAIN SULTAN ABDURRAHMAN
Bintan, Kepulauan Riau.