Pendidikan Karakter dalam Buku Ajar

Pengarang
Sri Zulfida Penyunting: Abd. Rahman Mawazi
ISBN
978-602-5803-99-4
Email
pppm.stainkepri@gmail.com
Diterbitkan
STAIN SULTAN ABDURRAHMAN PRESS
Sinopsis

Pengintegrasian pendidikan karakter pada mata pelajaran dilakukan dengan memperhatikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma-norma atau nilai-nilai sesuai dengan tuntutan kurikulum. Pembentukan nilai-nilai karakter ini bukan hanya menyentuh ranah kognitif, tetapi perlu penghayatan secara afektif, dan aplikasi dalam kehidupan nyata. Aspek yang harus diperhatikan dalam pengintegrasian nilai-nilai karakter adalah mengaitkan nilai nilai tersebut secara eksplisit dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada penilaian. Buku ini merupakan hasil penelitian penulis terhadp buku ajar tingkat Sekolah Dasar dengan meneliti nilai-nilai karakter yang termuat di dalamnya.

Gerakan penguatan pendidikan karakter (PPK) merupakan pondasi dan ruh utama pendidikan. Di buku ini diterangkan juga perihal dimensi utama pendidikan karakter, yaitu (1) olah hati (etik dan spiritual), yaitu individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertaqwa; (2) olah pikir (literasi), yaitu individu yang memiliki keunggulan akademik sebagai hasil dari pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat; (3) olah rasa (estetik), yaitu individu yang memiliki integritas moral, rasa, seni dan budaya; (4) olah raga (kinestetik), yaitu individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Dalam buku ini juga bahas perihal pentingnya peran guru dalam penanaman nilai karakter ini, karena guru merupakan ujung tombak dalam pendidikan karakter. Sebagaimana Ki Hajar Dewantara mengungkapkan, “ing ngarso sung tuladho, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani”. Maka, Setiap buku ajar memang mengandung memiliki nilai-nilai karakter yang berbeda. Setiap materi ajar juga mengandung pendidikan karakter yang tidak sama. Namun setidaknya, pendidikan karakter itu telah ditanamkan untuk anak-anak kita sedini mungkin agar kelak bisa menjadi pegangannya.

HALAMAN PENERBIT

FULL TEXT

Contact Us!

Facebook
Instagram
Youtube
Website

Kotak Pesan

We'll never share your email with anyone else.
Copyright © 2019
Unit Teknologi Informasi dan Pusat Data (TIPD)
STAIN SULTAN ABDURRAHMAN
Bintan, Kepulauan Riau.